Kenapa Ujung Jari Keriput Saat Basah?

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1674832.jpg




Saat basah, ujung jari jadi keriput karena menyerap banyak air. Tapi penjelasan ilmiahnya lebih dari itu.

Kenapa ujung jari kita berkerut saat basah? Ada yang bilang, ujung jari kita berkerut karena menyerap banyak air saat dalam keadaan basah, misalnya ketika mandi, mencuci, kehujanan, atau berenang. Memang benar. Tapi tidak hanya itu penjelasannya.

Menurut Mark Changizi, ahli neurobiologi evolusioner dari Lab 2AI di Boise, Idaho, ujung jari manusia perlu berkerut atau keriput, sebagai bentuk adaptasi yang membantu manusia untuk tetap bisa memegang dengan erat saat tangannya licin karena basah.



http://2.bp.blogspot.com/-NDi147c4aOI/ThJ_4QfkjkI/AAAAAAAAD7I/bjbCv7Bl0SU/s1600/keriput.jpg


Penjelasan yang masuk akal. Bayangkan jika saat sedang di kolam renang, kita terus tergelincir tidak bisa keluar kolam karena jari kita tidak bisa menggenggam pegangan tangga. Bahaya bukan?

Saat keriput, jari kita punya tektur rendah dan tinggi. Pada bagian yang tinggi, permukan kulit jari tetap dalam keadaan kering, sementara air mengalir lewat celah yang rendah. Ini membuat jari tetap bisa memegang benda dengan baik dalam keadaan basah.

Fungsi keriput ini mirip tekstur di permukaan ban mobil. Supaya tidak selip, ban dibuat bergalur-galur. Hipotesis Mark ini selangkah lebih maju dari pemahaman umum yang mengatakan keriput ini hanya karena jari menyerap banyak air. [mor]






sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1674832/kenapa-ujung-jari-keriput-saat-basah

0 comments:

Post a Comment